Sekolah Penerbangan Nusa Flying International School

Logo Nusa Flying International

Sekolah Penerbangan Nusa Flying International (NFI) School  dikenal dengan nama Nusa Flying Academy sejak 2008. Kantor pusat sekolah pilot yang dipimpin oleh R. A Rooroh ini berlokasi di Bandara Halim Perdanakusuma International Jakarta dan pusat pelatihannya berlokasi di Bandara Budiarto Curug, Tangerang dan Raden Inten, Lampung.

 

Program  

Nusa Flying International School telah berhasil memperoleh sertifikasi CASR (Civil Aviation Safety Regulations) 141, 142, dan 147. Berdasarkan sertifikasi tersebut, sekolah pilot ini menawarkan berbagai macam pelatihan/pendidikan penerbangan:

  1. CASR (Civil Aviation Safety Regulations ) 141: sertifikasi mengenai sekolah percontohan
    • Periode matrikulasi (pengenalan teori dasar/awal penerbangan)
    • Ground PPL (Private Pilot License)
    • Ground CPL (Commercial Pilot License) dan IR (Instrument Rating)
    • Foreign Pilot License Endorsement for PPL dan CPL
    • Frozen ATPL
  2. CASR (Civil Aviation Safety Regulations ) 142: sertifikasi mengenai persyaratan dan pusat pelatihan penerbangan
  3. CASR (Civil Aviation Safety Regulations ) 147: Pelatihan perawatan pesawat
  4. Pelatihan Tambahan: keamanan penerbangan, sistem manajemen keselamatan, Jungle and Sea Survival (Ilmu bertahan hidup di hutan dan di laut), barang-barang berbahaya, pemadam kebakaran, Ground Handling

 

Fasilitas

  1. 3 (tiga) gedung asrama yang lokasinya di Pondok Cabe, Lampung, dan Curug
  2. Ruang kelas yang dilengkapi dengan AC, fasilitas audio visual, komputer, dll.
  3. 1 (satu) unit simulator penerbangan Frasca 141 dan simulator bermesin ganda EFIS simulator untuk multi-pilot
  4. 10 (sepuluh) unit pesawat latih Cessna 172

 

Penerimaan Siswa Baru

Nusa Flying School membuka pendaftaran sebanyak 3 kali dalam setahun dengan jumlah penerimaan siswa minimal 15 dan maksimal 32 pada tiap batch (angkatan).

 

Prosedur Pendaftaran

  1. Lulus SMA / Ssederajat
  2. Melakukan pendaftaran. Pendaftaran masuk NFI dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir yang bisa didapatkan di website resmi NFI di www.nusaflying.com dan kemudian menyerahkannya ke kantor pusat NFI.
  3. Mengikuti tes psikologi
  4. Melaksanakan tes kesehatan
  5. Mengikuti tes kecerdasan (IQ)
  6. Mengikuti penilaian kemampuan berbahasa Inggris
  7. Mengikuti tes akademik (matematika, bahasa Inggris, dan pemahaman mekanik)

 

Kelebihan

NFI menjanjikan dan memiliki visi untuk terus mengembangkan pelaksaan pelatihan dan pendidikan dengan cara terus menambah instruktur yang berkualitas dan pesawat latih seperti pada tahun kemarin, NFI menambah 4 (empat) unit pesawat latih. Tambahan lagi, NFI bekerja sama dengan Bank Bukopin untuk memberikan pinjaman kepada siswa karena biaya pelatihan sangat mahal.

 

Kekurangan

Kekurangan NFI adalah  biayanya yang sangat mahal. Untuk mendapatkan PPL (Private Pilot License) saja, siswa harus membayar sebesar IDR 251.000.000 sehingga untuk memperoleh CPL dan IR, biaya bisa lebih dari IDR 700.000.000. Dan juga pernah terjadi kecelakaan pesawat Cessna 172 pada 16 November 2011  lalu saat pelatihan navigasi dua orang siswa batch IV dan pesawat tersebut tidak dapat dideteksi sinyal keberadaannya karena menggunakan alat ILT frekuensi lama. Diketahui, dua siswa tersebut serta seorang instruktur meninggal dunia.

Pencarian Search Engine :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>